
Telkomsel menyambut momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (NARU) dan secara konsisten memperkuat perannya sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia dengan mengajak seluruh masyarakat untuk tetap semangat.
Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan optimisme bangsa di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung. Penguatan peran tersebut dilakukan melalui sejumlah kegiatan dan program Telkomsel yang difokuskan pada upaya memastikan kapasitas dan kualitas jaringan broadband.
Selain itu, Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk dan layanan kelas dunia, program loyalitas pelanggan, berbagai platform dan layanan digital terkemuka, serta berbagi dengan sesama melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan Telkomsel.
“Keluarga besar Telkomsel mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru untuk kita semua. Di momen NARU ini, Telkomsel selalu konsisten dalam #BukaAllOpportunities,” ujar Nugroho, Network Director Telkomsel.
Nugroho menambahkan, hal tersebut dilakukan Telkomsel dengan mengoptimalkan infrastruktur jaringan broadband sehingga semua orang dapat tetap terkoneksi untuk mendapatkan pengalaman digital yang maksimal, meski memiliki mobilitas terbatas. Telkomsel juga melakukan perbaikan dalam layanan pelanggan.
Selain itu, pada Natal 2021, Telkomsel menghadirkan program berbagi kebaikan dengan semangat #YangKitabisa bagi mereka yang membutuhkan melalui program tanggung jawab perusahaan. Telkomsel terus memberikan harapan yang lebih besar saat kita menyongsong tahun baru 2022.
Optimalisasi jaringan broadband terbaru
Untuk mengantisipasi peningkatan trafik komunikasi pada momen NARU ini, Telkomsel mengambil langkah proaktif dengan mengoptimalkan jaringan, terutama untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.
POI tersebut meliputi 124 kawasan pemukiman, 266 kawasan khusus (Alun-Alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di setiap provinsi (termasuk titik distribusi logistik). . bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, jalan raya, tempat istirahat dan fasilitas umum lainnya).
Pada momen NARU ini, dibandingkan hari-hari biasa, Telkomsel memperkirakan trafik layanan data (payload) akan meningkat sebesar 8,38% pada saat perayaan Natal tahun 2021 dan akan meningkat menjadi 15,08% pada malam tahun baru 2022, dengan total payload yang diharapkan. mencapai 45.877.TB .
Prediksi ini juga didorong oleh tren perubahan perilaku pelanggan di masa pandemi tahun ini, dimana terjadi pergeseran penggunaan akses layanan berbasis digital untuk mendukung aktivitas sehari-hari, seperti akses layanan media sosial yang telah diprediksi sebelumnya. akan tumbuh sekitar 23,42%.
Sementara itu, layanan komunikasi (pesan instan dan konferensi video) diperkirakan meningkat 27,83 persen, layanan video streaming 27,44 persen, layanan mobile gaming 18,17 persen, akses browsing 27 persen, 92 persen dan untuk akses layanan e-commerce tumbuh. sekitar 67,29%.
Sedangkan untuk trafik layanan SMS, Telkomsel memperkirakan pertumbuhan sebesar 3,25% dan layanan panggilan suara turun 4,5%. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas jangkauan jaringan pada POI yang ditentukan, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru.
Penambahan unit Compact Mobile BTS (COMBAT) sebanyak 53 unit, peningkatan kapasitas gateway internet menjadi 7.262 Gbps, penambahan lebih dari 2.300 USO 4G/LTE BTS di area 3T dan di perbatasan nasional dan lebih dari 247.000 Untuk melengkapi BTS Telkomsel yang sudah ada di beroperasi, mereka melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.
Telkomsel juga secara bertahap dan terukur memperluas jaringan 5G yang kini berada di wilayah DKI Jakarta (Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Menteng dan di kawasan Monas) Banten (BSD dan Alam Sutera) , Bandung , Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan dan Bali.
Sumber :